Kamis, 03 Februari 2011

Pendidikan Seks Aman

Seks aman akan membantu melindungi Anda dari PMS dan HIV/AIDS. Seks aman berarti melakukan hubungan seks yang bertanggung jawab. Selalu lakukan hubungan seks yang aman, jika tidak, akibatnya bisa berbahaya.

Untuk lebih jelasnya, buku “Panduan Kesehatan Keluarga” oleh Dr Miriam Stoppard menjabarkannya untuk Anda seprti yang berikut :

Kondom dan PMS


Agar terlindung dari PMS, gunakan kondom saat berhubungan seks. Pastikan Anda mengerti cara mengenakan kondom dengan baik, dan jangan menggunakan kondom yang sudah kadaluarsa.

Lindungi Hak Anda


Menuntut hubungan seks yang aman adalah hak Anda. Jika pasangan enggan melakukannya, ia tidak peduli terhadap Anda dan hubungan Anda perlu dipertanyakan. Jika pasangan menolak memakai kondom, pertimbangkan untuk mengakhiri hubungan Anda. Jika ia tidak bertanggung jawab, maka ia membahayakan Anda.

Dapat Mencegah Kehamilan


Meski kondom digunakan untuk hubungan seks yang aman, jangan hanya bergantung pada kondom untuk mencegah kehamilan. Sperma dapat merembes jika Anda tidak memakai kondom dengan benar, atau jika kondom tersebut sudah kadaluarsa. Anda sebaiknya juga meminum pil kontrasepsi.

Cari Pertolongan
Dokter, klinik, yayasan AIDS atau pusat konseling akan senang hati memberi Anda informasi mengenai kondom. Kondom tersedia dalam berbagai tipe, dan ada pula kondom yang dirancang agar hubungan seks semakin nikmat!.

Berikut Anjuran dan Larangannya

Bawa Kondom Selalu
Entah Anda pria maupun wanita, bawalah kondom setiap saat.

Berlatih Dulu
Pastikan Anda memakainya dengan benar.

Selalu Gunakan Kondom
Yakinkan diri untuk terhindar dari resiko kesehatan baik bagi Anda maupun pasangan.



Bersikap Jujur
Beri tahu pasangan tentang infeksi kronis yang Anda derita, herpes misalnya.

Sekali Pakai
Jangan menggunakan kondom lebih dari satu kali.

Bukan untuk Iseng-iseng

Seks bukan permainan. Jangan berhubungan seks dengan seseorang dalam sebuah pesta, atau saat berlibur dengan orang yang belum Anda kenal dan temui sebelumnya.

Sumber : okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More