Minggu, 24 Juni 2012

Australia: Tim SAR Indonesia Tak Bisa Diandalkan

Headline

Australia: Tim SAR Indonesia Tak Bisa Diandalkan
 
 
DalamDuniaKitta - Musibah yang menimpa kapal pencari suaka yang terbalik di perairan antara Indonesia dan Australia menyisakan cerita tentang minimnya kemampuan tim SAR Indonesia.
Sebelumnya, pada Kamis (21/6/2012), sebuah kapal yang mengangkut 204 orang terbalik di perairan antara Jawa Timur dengan Christmas Island, Australia. Ratusan Penumpang kapal itu berhasil diselamatkan, namun banyak pula yang masih hilang dan tidak diketahui nasibnya. Penumpang kapal itu diperkirakan berasal dari Sri Lanka yang hendak mencari suaka di Australia.
Seorang pakar pertahanan dan maritim dari Australia menilai banyaknya korban yang belum ditemukan itu diakibatkan minimnya kemampuan tim SAR Indonesia dalam mencari korban.
“Kalau saja mereka mempunyai kemampuan untuk pergi ke lokasi dan melakukan pencarian, mereka pasti bisa berhasil menemukan korban yang hilang,” ujar Derek Woolner, dari the Strategic and Defence Studies Centre, Australian National University, sebagaimana dikutip The Age, Sabtu (23/6/2012).
“Kita mungkin salah telah menaruh harapan terlalu tinggi kepada Indonesia,” tegas mantan penasihat pemerintahan federal untuk masalah pertahanan dan luar negeri itu.
Pemerintah Australia juga dinilai lamban merespons peristiwa itu dan malah meminta bantuan kepada Indonesia, bukannya mengirim tim penyelamat langsung. Padahal, pemerintah Australia tahu persis Indonesia tidak mempunyai peralatan yang memadai. “Kita seharusnya cepat tanggap dan menawarkan bantuan kepada Indonesia,” tegasnya.
Sebagaimana diberitakan, saat peristiwa itu terjadi, pihak Angkatan Laut Australia langsung mengirimkan kapal ke lokasi. Mereka juga mengontak pihak Basarnas Indonesia yang juga langsung mengirimkan dua buah kapal. Australia berdalih, perahu itu berada di wilayah penyelamatan Indonesia, sehingga meminta Basarnas untuk turun tangan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More